PROPOSAL PENELITIAN PENDIDIKAN
PENGARUH HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOALAH”
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas UAS Metodologi Penelitian Pendidikan Islam

Dosen Pembimbing: Titin Soebari,
LOGO STIT COLOR.jpg
Disusun Oleh:
LUYU AFIATI
SEMESTER 5/A
NIM: 3140054

PRORAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGG IILMU TARBIYAH (STIT)
PEMALANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat, dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul pengaruh handphone terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah“ dalam proposal ini penulis akan menjelaskan tentang pengaruh handphone terhadap prestasi belajar Siswa dan bagaimana mengatasai masalah tersebut.
Dalam penulisan proposal ini, penulis menyadari akan kemampuan diri penulis yang kiranya masih jauh dari kesempurnaan, sehingga penulis banyak meminta bantuan dari pihak lain, yang akhirnya penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas bimbingan, motivasi dan bantuannya yang sangat berharga untuk semua yang telah membantunya.
Penulis menyadari bahwa proposal ini mempunyai banyak kesalahan baik dari sisi dan cara penulisannya, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan wawasan penulis maka dari itu penulis membutuhkan saran dan kritikan yang membangun untuk memaksimalkan proposal ini.
Akhirnya, penulis berharap semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita.     

                                                                            
Banjaran, 27 Desember 2016
Penulis




BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.
Awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi teknologi. Kemajuan teknologi ibarat pisau bermata dua, di satu sisi ada manfaat yang dapat mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam kehidupan kita, namun di sisi lain, jika tidak diwaspadai kemajuan teknologi akan menjerumuskan kita pada kemadharatan. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan dibahas yaitu mengenai telepon genggam yang lebih dikenal dengan sebutan handphone. Di mana alat tekhnologi komunikasi ini adalah salah satu yang sangatlah praktis bagi penggunanya.
Dengan adanya handphone, jarak menjadi lebih dekat, bisnis menjadi lebih lancar, sehingga ramalan bahwa dunia akan menjadi kampong global,      menjadi kenyataan. Meskipun memang benar peranan handphone pada saat ini sangatlah penting dan sangat membantu orang dalam berkomunikasi jarak, baik dekat maupun jarak jauh. Namun demikian, ternyata handphone juga membawa dampak buruk yang tidak sedikit, mulai dari bahaya terganggunya kesehatan karena gelombang mikrowive yang digunakannya, hingga bahaya akhlak dan moral para penggunanya.
Beberapa tahun yang lalu handphone hanya dimiliki oleh kalangan pembisnis yang memang benar-benar membutuhkan itu untuk kelancaran pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Termasuk pelajar perkembangan teknologi semakin memasyarakat dikalangan pelajar. kini handphone (Hp) adalah sakunya seorang pelajar, hampir semua anak didik mengantongi handphone. Hal ini merupakan kebanggan bagi Orang tua, karena mempunyai anak yang tidak ketinggalan zaman. Orang tua menyadari akan pentingnya handphone bagi anaknya dengan berbagai alasan, namun Orang tua tidak menyadari bahwa disamping itu handphone juga mempunyai dampak negatif.
Tantangan dunia pendidikan adalah etika, etika moral seorang siswa, hal ini tercermin dari ditemukannya beberapa handphone siswa yang berisikan video porno, hal ini menunjukkan kurangnya kesadaran siswa akan moral. Kini dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik dan video. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi. Namun terkadang juga handphone dapat mengganggu atau memiliki beberapa hal negatif diantaranya tempat untuk menyimpan gambar-gambar porno, atau menggunakan handphone saat tengah diadakan proses belajar yang dapat mengganggu siswa atau perhatian dan minat mereka dalam belajar menjadi berkurang di karenakan mereka lebih sibuk untuk saling berkiriman pesan.
Contoh lain yang lebih berpengaruh dalam pengguan handphone terhadap siswa pada saat belajar, para siswa kebanyakan rela mengacuhkan pelajaran hanya demi untuk bisa smsan ataupun mendengarkan mp3. Atas dasar itulah dalam penulisan karya tulis ini, penulis mengambil tema berguna untuk memberikan informasi pada semua dan memberikan judul “Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Belajar siswa di sekolah”.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, permasalahan yang muncul dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1.      Banyaknya peserta didik yang kurang memperhatikan prestasi belajar di sekolahnya di karenakan kecanduan handphone.
2.      Dampak psikologi yang dialami peserta didik akibat sering bermain handphone
3.      Perilaku dan sikap yang berubah ketika sudah kecanduan bermain handphone.
C.     Pembatasan Masalah
Dalam penelitian ini, peneliti membatasi pada Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Sebagai berikut:
1.      Bagaimana pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa di sekolah?
2.      Bagaimana perilaku dan sikap pesrerta didik setelah kecanduan handphone?
3.      Upaya untuk mengatasi kecanduan handphone untuk para siswa?
D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah, masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Seberapa besar pengaruh handphone terhadap prestasi belajar Siswa di sekolah?
2.      Bagaimana perilaku dan sikap yang terjadi pada peserta didik setelah kecanduan handphone?
3.      Bagaimana cara mengatasi masalah kecanduan handphone untuk para siswa ?
E.     Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, penulis melakukan penelitian ini bertujuan:
1.      Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa di sekolah.
2.      Untuk mengetahui perilaku dan sikap pada peserta didik yang sudah kecanduan dengan handphone.
3.      Untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi peserta didik yang sudah kecanduan handphone.
F.      Manfaat Penelitian
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi penulis
Bermanfaat sebagai pegetahuan baru dan untuk melatih kepercayaan diri dalam berkarya.
2.      Bagi orangtua siswa
Penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi agar lebih ketat dalam mengawasi siswa sehingga prestasi belajar siswa tersebut tidak menurun.
3.      Bagi peserta didik
Penelitian ini dimaksudkan agar peserta didik harus lebih berhati-hati dan menguranginya  dalam menggunakan handphone yang berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi belajarnya.
G.    Hipotesis Tindakan
Hipotesis tindakan pada penelitan ini adalah :
Handphone mempunyai pengaruh besar terhadap prestai belajar siswa sehingga menjadikan mereka malas untuk menunaikan kewajibannya sebagai seorang pelajar yaitu belajar.




BAB II
LANDASAN TEORI
A.     Pengertian Handphone
            Telepon genggam atau yang disebut handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar  yang sama dengan telepon fixed line, sehingga konvensional. Handphone dapat dibawa kemana-mana(portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless). Handphone adalah salah satu alat telekomunikasi yang didalamnya terdapat fasilitas seperti: SMS, MP3, Video , Kamera, Record sehingga handphone menjadi alat multimedia. Ditambah lagi pada zaman sekarang handphone sudah banyak sekali memiliki fitur-fitur yang sangat canggih yang bisa memudahkan membantu kita dalam mencari sesuatu ataupun membantu dalam pekerjaan manusia itu sendiri.
B.     Fungsi Handphone
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget  yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.

C.     Dampak  Positif Penggunaan Handphone
Berikut ini akan dijelaskan dampak-dampak positif dari kemajuan teknologi komunikasi.
1.      Komunikasi menjadi lebih mudah.
Fungsi handphone yang paling banyak digunakan yaitu setiap penggunan handphone dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Kini handphone dilengkapi dengan fitur pesanan dan telepon yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di daerah lain ataupun di negara lain. Bahkan sekarang handphone telah menganut sistem berbasis 3G dimana seseorang dapat berkomunikasi via telepon sekaligus melihat wajah lawan bicaranya.
2.       Pencarian informasi menjadi lebih mudah.
Handphone yang kini semakin canggih, dapat digunakan untuk internet. Sehingga pengguna handphone dapat mengakses informasi dengan menggunakan handphonelewat media internet.
3.       Proses pembelajaran menjadi lebih mudah.
Di zaman yang sudah modern, kini handphone dapat digunakan seperti  halnya komputer. Dalam handphone juga terdapat aplikasi untuk membuka internet.. Layanan online dalam pendidikan pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (siswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, test masuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian, diskusi, dan pengumuman. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat didownload oleh siswa.
4.      Sarana untuk mencari hiburan
Beberapa perangkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas game, audio, dan video.
5.       Pelajar tidak gagap teknologi.
Siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.
D.      Dampak  Negatif Penggunaan Handphone
1.      Mengganggu Perkembangan Anak
Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms,misscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Ada yang menggunakan handphone untuk mencontek dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran, dan sebagainya.Jika hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak  teknologi.
2.      Menurunkan prestasi belajar siwa
Dalam kehidupan pelajar yang tidak jauh dari handphone, menjadikan pelajar lebih senang memanfaatkan handphone daripada buku pelajaran. Hal tersebut dapat mengganggu belajar serta menghambat prestasi belajar.
3.        Efek radiasi
Selain berbagai kontraversi di seputar dampak negative penggunaan handphone,penggunaan handphone juga berakibat buruk terhadap kesehatan. Ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih handphone, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan  menggunakan handphone secara permanen. 
4.      Rawan terhadap tindak kejahatan
Pelajar merupakan salah satu target utama dari para penjahat karena penjahat lebih mudah menarik perhatian pelajar.
5.      Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang semakin mudah, pornografi pun merajalela. Sehingga handphone menjadi salah satu sarana yang paling mudah untuk membuka internet. Jika tidak ada kontrol dari guru ataupun orang tua,handphone dapat digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno,ataupun tindak kekerasan yang sama sekalitidadak layak untuk dilihat oleh pelajar.
6.      Pemborosan
Dengan mempunyai  handphone, maka pengeluaran kita akan bertambah,. Apalagi kalau handphone  hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, maka hanya akan menjadi pemborosan saja.
7.      Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Handphone dan internet tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang didapatkan pada penyedia informasi tersebut.
8.      Membuat kerja otak anak menjadi lambat
Salah satu penelitian terbaru tentang dampak negatif ponsel baru-baru ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia, Inggris, dan Belanda dan dipublikasikan di International Journal of Neuroscience. Dalam rilis yang dimuat di jurnal itu dikatakan bahwa penggunaan handphone bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu dampak negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang yakni lemot (lemah otak).Penelitian ini melibatkan setidaknya 300 orang yang diteliti dalam jangka waktu yang cukup panjang, yakni 2,4 tahun. Responden tersebut dibagi dalam tiga kategori, yakni 100 orang yang menggunakan ponsel rutin, 100 orang tidak menggunakan ponsel dan 100 orang lagi hanya kadang-kadang menggunakan ponsel. Kemudian, dalam kurun waktu tersebut, beberapa kali ke-300 responden itu diukur perbedaan aktivitas otaknya dengan metode quantitive electroencephalographic (EEG). Hal lain yang diteliti adalah fungsi neuropsikologi seperti perhatian, memori, fungsi pelaksana dan kepribadian. Hasilnya, pengguna handphone yang rutin menunjukkan aktivitas otaknya melemah.
E.      Sikap Kita Terhadap Tekhnologi Komunikasi Handphone Yang Semakin Marak Dikalangan Para Pelajar
Dengan adanya handphone yang semakin canggih dan marak dikalangan para pelajar yang dapat mempunyai sisi positif maupun negatifnya bagi penggunanya, kita sebagai penerus bangsa harus lebih berhati-hati dengan menggunakannya. Jangan digunakan untuk hal-hal yang negatif. Terlebih bagi orang tua yang ingin anaknya tidak dikatakan ketinggalan zaman. Dan sebaiknya anak diberikan handphone bila sudah mengerti dampak apa yang akan ditimbulkan. Begitu juga terhadap prestasi belajarnya.







BAB III
METODE PENELITIAN
A.     Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif, yaitu penelitian yang cenderung menggambarkan apa suatu fenomena apa adanya dengan cara menelaah secara teratur, mengutamakan obyektifitas, dan dilakukan secara cermat. Salah satu bentuk penelitian deskriptif adalah metode survei (angket), bentuk peneltian pengumpulan data yang relative terbatas dari kasus-kasus yang relative besar jumlahnya. Menjalankan metode survey berupa penyebaran angket, yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang variabel. Angket berisi pertanyaan-pertanyaan tentang rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian.
Pendekatan yang digunakan dalam penulusan Karya Tulis Ilmiah ini adalah peran siswa, yakin menelaah permasalahan berdasarkan pengaruh handphone terhadap prestasi belajar semua siswa di sekolah.
B.     Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah :
1.      Wawancara, dan
2.      angket.
C.     Populasi dan Sampel
1.      Populasi
Dalam penelitian ini populasinya adalah semua para pelajar yang masih sekolah
2.      Sampel
Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 10 para pelajar  perwakilan di lapangan. dengan objek penelitiannya adalah latar belakang pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar siswa
DAFTAR PUSTAKA
Handayani, Nur. 2011. Berbagi Ilmu : Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makasar.
Dewi, Diandra. 2012. Pengaruh Handphene Terhadap Pelajar SMA Sewon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini