KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan
hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas kelompok makalah mata kuliah
TEKHNOLOGI PENDIDIKAN yang berjudul “Penilaian
Acuan Patokan Tekhnologi“
Dalam
penulisan makalah ini, kami menyadari akan kemampuan diri kami yang kiranya
masih jauh dari kesempurnaan, sehingga kami banyak meminta bantuan dari pihak
lain, yang akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Oleh karena
itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih atas bimbingan, motivasi
dan bantuannya yang sangat berharga untuk semua yang telah membantunya.
Kami
menyadari bahwa makalah ini mempunyai banyak kesalahan baik dari sisi dan cara
penulisannya, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan wawasan kami, maka
dari itu kami membutuhkan saran dan kritikan yang membangun untuk memaksimalkan
makalah ini.
Akhirnya,
kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.
Pemalang,
14 Maret 2017
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Sebagai calon pendidik kita dituntut untuk bisa
bekerja seprofesional mungkin, untuk menjadi guru yang seprofesional kita
dituntut untuk menguasai jal-hal yang berkaitan dengan proses kegiatan
pembelajaran. Dalam proses pembelajarn guru diharapkan mampu menilai peserta
dididknya seobjek mungkin atau sesuai dengan kemempuan si anak. Sehingga tidak
menimbulkan kontrofersi dalam penilaian tersebut.
Ada penilaian hasil belajar ada standarisasi
tersendiri agar penilaian tersebut tidak menimbulkankontrofersi. Kita
pengenalnya dengan penilaian acuan patokan (PAP). Penilaian dalam hal ini
merupakan salah satu aspek dalam proses belajar mengajar diseluruh jajaran
pendidikan. Penilaian adalah suatu proses untuk mengambil suatu keputusan
dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar
ynag menggunakan instrument tes maupun non tes. Jadi tidak hanya sekedar
mencari jawaban terhadap pertanyaan tentang apa, tetapi lebih ditekankan
menjawab pertanyaan bagaimana atau seberapa jauh suatu proses atau suatu hasil
yang diperoleh peserta didik.
2. Rumusan
Masalah
a. Apa
definisi penilaian acuan patokan?
b. Apa
karakteristik penilaian acuan patokan?
c. Bagaimana
penetapan patokan?
3. Tujuan
Pembahasan
a. Untuk
mengetahui definisi penilaian acuan patokan.
b. Untuk
mengetahui apa saja karakteristik penilaian acuan patokan.
c. Untuk
mengrtahui bagaimana penetapan patokan itu.
BAB I
PEMBAHASAN
1.
Definisi Penilaian Acuan Patokan
Penilaian acuan patokan merupakan penilaian yang
membandingkan skor yang diperoleh peserta didik dengan suatu standar atau norma
absolut. Dengan kata lain, kemampuan-kemampuan apa yang telah dicapai oleh
peserta didik sesudah menyelesaikan satu bagian kecil dari suatu keseluruhan
program.[1]
Pengukuran acuan patokan meliputi teknik-teknik untuk
menentukan kemampuan pebelajar mengusai materi yang telah ditentukan
sebelumnya. Pengukuran acuan patokan, yang sering berupa tes, juda dapat
disebut acuan isi, acuan tujuan, acuan kawasan. Sebab, kriteria tentang cukup
tidaknya hasil belajar ditentukan oleh seberapa jauh pebelajar telah mencapai
tujuan. Penilaian acuan patokan memberikan informasi tentang penguasaan
seseorang mengenai pengetahuan, sikap, atau ketrampilan yang berkaitan dengan
tujuan. Keberhasilan dalam tes acuan patokan berarti dapat melaksanakan
kemampuan tertentu. Biasanya ditentukan skor minimal, dan mereka yang dapat
mencapai atau melampaui skor tersebut dinyatakan lulus tes. Batas jumlah
pengikut tes yang dapat lulus atau dapat mengerjakan tes dengan baik tidak ada,
karena PAP tidak membandingkan antara pengikut tes.[2]
Pengukuran acuan patokan memberitahukan pada para siswa
seberapa jauh mereka dapat mencapai standar yang ditentukan. Soal-soal acuan
patokan digunakan pada seluruh proses pembelajaran untuk mengukur apakah
prasyarat-prasyarat telah dikuasai. Pengukuran acuan patokan dapat dipakai
untuk menentukan apakah apakah tujuan utamatelah dicapai (Seels dan Glasgow,
1990).
2.
Karakteristik Penilaian Acuan Patokan
3.
Penetapan Patokan
[1]
https://muhammadmftkhddn.wordpress.com/2015/05/24/penilaian-acuan-patokan-dan-penilaian-acuan-norma-pan.(
di unduh 14-03-2017, jam 20:37 )
Komentar
Posting Komentar